For All

Semoga postingan sang writer berguna bagi para reader!
wish you fun!

Jumat, 12 Juli 2013

Tips Berbuka dan Sahur

Salam buat semua pembaca blogku. Maaf aku udah lama absen. Selain karena liburan, aku juga ada beberapa kegiatan dan suatu alasan tertentu.
Hai guys!
Sebelumnya aku mau ngucapin selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan dan semoga ibadah puasa kita lancar dan diterima, amiin.
Oke kali ini aku mau ngasih saran dan tips memilih makanan yang tepat untuk berbuka puasa dan sahur. Seperti yang sudah kita ketahui, puasa itu menahan diri dari hawa nafsu termasuk makan dan minum dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari. Maka dari itu pilihan menu makanan untuk berbuka dan sahur haruslah tepat agar kita tetap sehat dalam menjalani puasa. Penyakit yang sering datang saat puasa adalah maag. Ini akibat dari pola makan yang tiba-tiba berubah. Biasanya penyakit ini hanya menyerang pada 1 minggu pertama puasa.

Ini tips memilih makanan dan minuman,
1. Pilih makanan dan minuman dengan warna makanan yang tidak terlalu mencolok atau yang mudah hilang warnanya ditangan saat dicuci.
2. Jangan pilih makanan dan minuman yang manisnya pahit dan membuat batuk.
3. Selalu ingat makanan yang murah ataupun mahal tidak selalu sehat, yang sehat adalah membuatnya sendiri.
4. Pilih makanan yang tertutup bersih dari lalat.
5. Jangan pilih makanan yang terlalu kenyal dan berbau kimia, mungkin ada boraks.

Nah, aku punya saran juga nih agar kita dapat menjalankan puasa kita dengan baik .
1.    Saat sahur usahakan makan secukupnya terdiri dari karbo,protein, sayur atau buah.
2.    Tipsnya : habis sahur jangan langsung tidur. Kenapa? Nanti kalian bisa terserang kembung atau maag.Usahakan sehabis sahur dilanjutkan dengan sholat subuh.
3.    Saat berbuka jangan langsung makan makanan yang asam, karena membuat kita sakit maag.
4.    Saat berbuka minumlah dengan yang manis, kalau aku biasanya teh anget. Karena minuman yang dingin menurutku membuat perut tidak enak.
5.    Habis minum panas jangan minum dingin. Nanti perut kamu sakit.
6.    Saat berbuka makanlah sedikit makanan dan minum, lalu sholatlah magrib dahulu. Agar saat sholat perutmu tidak akan merasa begah (sumpek), jadi sholatku akan lebih khusuk.
7.    Setelelah sholat magrib barulah makan makanan yang agak lebih banyak, tetapi ingat jangan banyak-banyak. Usahakan makan protein , sayur dan buah, baru karbo (urutan jumlah).Ini semua agar saat sholat terawih kamu tidak sakit perut, ngantuk, atau ingin ke kamar kecil.
8.    Setelah sholat terawih, bila kamu masih lapar makanlah lagi. Tetapi ingat beri  waktu sekitar 2 jam untuk perutmu mencerna makanan sebelum tidur.
9.    Buah dan sayur dianjurkan yang berserat tinggi.
10.    Jangan lupa minum air putih yang banyak saat sahur. Ini agar cairan didalam tubuh kita seimbang.
Sebetulnya puasa itu cuma tidak makan 1 kali yaitu siang hari. Makan pagi kita sahur, siang tidak makan, makan malam kita buka puasa. Puasa juga sebenarnya menyehatkan karena kita mengistirahatkan perut kita untuk bekerja jadi pencernaan kita akan lebih lancar. Selain itu buat yang diet, ini dapat menjadi wadah mengurangi berat badan dengan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar